Staf Ahli Buka Musrenbang Kecamatan Salo, Camat Sampaikan Skala Prioritas Setiap Desa

Kampar16 Dilihat

TuahNegeri.com (KAMPAR) – Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Riadel Fitri, SP, M.Si mewakili Pj Bupati Kampar membuka secara resmi MusrenbangCam Salo bertempat di Aula Kantor Camat, Jum’a(24/02).

Hadir dalam acara tersebut Dua Orang Anggota DPRD Kampar Dapil I yaitu Said Abdullah dari Fraksi PPP dan Zumrotun dari Fraksi Gerindra, Kepala OPD, Camat Salo beserta Sekcam, Kepala Desa, Ketua BPD Se Kecamatan Salo, Kapolsek Kuok diwakili, Danramil diwakili, Babinsa, Babinkantibmas dan Undangan lainnya.

 

Riadel membacakan sambutan Pj Bupati Kampar, ia menyampaikan bahwa dalam penyusunan rencana kegiatan tahun 2024 akan dilaksanakan secara    terkoordinasi antara perangkat daerah, sesuai dokumen perencanaan PD melalui pelaksanaan musrenbang, mulai dari  tingkat desa/kelurahan, tingkat kecamatan   sertat tingkat kabupaten.

 

Untuk diketahui, tahapan Musrenbang RKPD di kecamatan dilaksanakan mulai tanggal   20 s.d 24 Februari 2023 yang didahului   penyampaian usulan rencana kerja  perangkat daerah, dan Usulan Pra­ musrenbang kecamatan.

Tahapan selanjutnya adalah forum  perangkat daerah yang akan dilaksanakan   pada tanggal  28 Februari s.d 3 Maret 2023. Kemudian pra Musrenbang kabupaten tanggal 14 s/d 16 Maret 2023, dan Musrenbang RKPD kabupaten kampar 20 Maret 2023, serta tahapan terakhir Perbup tentang RKPD kab. kampar tahun  2024 yang ditetapkan paling  lambat  bulan Juni 2023.

 

Dengan demikian, melalui musrenbang, semua pemangku kepentingan duduk dan bermusyawarah bersama untuk membicarakan tantangan dan peluang pembangunan daerah kedepan, guna mensejahterakan masyarakat.

 

Tujuan dari pelaksanaan musrenbang Kecamatan adalah untuk menjaring usulan rencana program/kegiatan prioritas tahun 2024, serta membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan yang disampaikan, tutupnya.

 

Sementara itu Anggota DPRD Kampar Fraksi PPP Said Abdullah yang akrab disapa Bang Idul dalam Musrebangcam tersebut mengharapkan kepada para Kepala Desa untuk menyampaikan usulan apa-apa kebutuhan masyarakat yang menjadi Skala prioritas.

 

Usulkan mana yang bisa menggunakan dana Desa dan mana yang harus dana Kabupaten, kalau anggarannya kecil bisa gunakan dana Desa tapi kalau dananya besar usulkanlah ke Kabupaten, pintanya.

 

Sementara itu Zumrotun menyampaikan pula bahwa, musrenbangCam inilah tempat masyarakat menyampaikan usulan-usulan apa saja yang dibutuhkan. Tapi semua usulan tentu tidak akan bisa terealisasi, mengingat Anggaran APBD kita yang terbatas untuk itu pilihlah yang menjadi skala prioritas, ujarnya.

 

Ditambahkan Zumrotun pula bahwa untuk tahun 2023 ini Puskesmas Kecamatan Salo akan segera direhab, karena kondisinya sudah cukup parah,” Bagaimana masyarakatnya sehat dan nyaman berobat kalau tempat berobatnya tak bagus “, ujarnya prihatin.

 

Sementara itu Camat Salo Refizal,S.STP sebelum pelaksanaan MusrenbangCam telah melakukan Pra MusrenbangCam dengan mengundang para Kepala Desa untuk menyampaikan aspirasi masyarakat yang skala prioritas.

 

Maka pada saat MusrenbangCam dilaksanakan usulan yang disampaikan para Kepala Desa tersebut dibacakan oleh Camat dan disampaikan kepada OPD terkait untuk diteruskan ke Kabupaten.

 

Dari usulan yang disampaikan dan dibacakan oleh Camat, mayoritas mengarah ke Dinas PUPR dan mengharuskan tanggapan langsung dari Kadis Afdal, ST. MT.

 

Diakui Afdal memang setiap tahun dalam Musrenbang mayoritas usulan masyarakat terkait Infrastruktur. Untuk itu saya mengharapkan dukungan seluruh Stakeholder untuk mewujudkan pembangunan Infrastruktur yang tepat sasaran dan bersinergi dengan sektor lain agar dapat meningkatkan kesejahteraan dan kwalitas hidup masyarakat Kampar, ujarnya.

 

Kemudian banyaknya usulan masyarakat yang disampaikan tentu tidak semua yang terakomodir mengingat keterbatasan anggaran dan hampir semua kecewa tapi itulah keadilan. Kalau ada yang kecewa dan ada yang puas itu Pemerintah tidak adil namanya, cetus Afdal.(Abu).