Ustadz Zulkarnain Umar Jelaskan Amalan Istimewa Bulan Dzulhijjah Pengajian Rutin Kejaksaan Tinggi Riau 

Nasional129 Dilihat

Pekanbaru – Pegawai beragama Islam di lingkungan Kejaksaan Tinggi Riau mengikuti Pengajian Rutin yang disampaikan oleh Ustad Dr. Zulkarnain Umar M. Si.

Kegiatan religius sekira pukul 08.00 Wib yang dilaksanakan di Masjid Al-Mizan Kejaksaan Tinggi Riau itu dibenarkan oleh Kasi Penkum Kejati Riau Bambang Heripurwanto SH.,MH. Senin (5/6/2023).

Saat di konfirmasi terkait Pengajian rutin tersebut, Kasi Penkum Kejati Riau Bambang Heripurwanto mengatakan ke awak media adapun dalam penyampaiannya Ustad Dr. Zulkarnain Umar M. Si mengungkapkan dalam Bulan Dzulhijjah terdapat waktu-waktu tertentu untuk menjalankan amalan istimewa.

Waktu yang dimaksud tertera dalam Surah Al Fajr ayat 2 yang berbunyi, “Dan demi malam-malam yang sepuluh”. Menurut Imam Ibnu Katsir, seorang ahli tafsir mengutarakan bahwa ayat kedua Surah Al Fajr tentang ‘malam-malam yang sepuluh’, memiliki arti sebagai sepuluh hari pertama dari Bulan Dzulhijjah.

Hal ini juga dikatakan oleh Ibnu Abbas, Ibnu Zubair, Mujahid, dan lainnya dari kalangan salaf maupun khalaf.

Kemudian Ustad Dr. Zulkarnain Umar M. Si menyampaikan, ada beberapa amalan istimewa keutamaan Bulan Dzulhijjah, agar tidak terlewat ketika waktunya tiba. Insya Allah akan menjadi tabungan pahala dan jalan untuk mendekatkan pada Surga. Berikut ini amalan istimewa Bulan Dzulhijjah yaitu :

1. Bulan yang Dimuliakan bulan Dzulhijah adalah salah satu waktu yang dimuliakan dalam Islam.

2. Istimewa di 10 Hari Pertama.

Akan bertemu dengan bukan zulhijah yaitu akhir tahun, maka akhir tahun bulan zulhijah ada yang Allah wajib kan yaitu jalan” naik haji. Siapkan berangkat haji, ini adalah amalan spesial bulan zulhijah, bagi siapa yg sanggup melakukan nya.

3. Dianjurkan Menunaikan Puasa Sunah.

Mulai masuk 1 zulhijah sampe dengan 9 zulhijah mulai melakukan puasa. sangat disunnahkan untuk berpuasa di hari-hari ini karena termasuk amalan yang paling utama.

Lebih lanjut sambung Kasi Penkum Kejati Riau Bambang Heripurwanto, dalam kesempatan itu Ustad Dr. Zulkarnain Umar M. Si., menguraikan bahwa Salah satu amalan dan keutamaan bulan Dzulhijah contohnya yakni berpuasa Arafah yang jatuh pada tanggal 9 Dzulhijah. Selain itu, ada pula puasa Tarwiyah yaitu puasa pada tanggal 8 Dzuhijjah.

4. Berangkat Ibadah Haji.

Bertemu dengan bukan zulhijah yaitu akhir tahun, maka akhir tahun bulan zulhijah ada yang Allah wajib kan yaitu jalan” naik haji

siapkan berangkat haji, ini adalah amalan spesial bulan zulhijah, bagi siapa yg sanggup melakukan nya

5. Berkurban dan Salat Idul Adha.

Menyiapkan hewan kurban bagi yang bisa dan sanggup untuk berkurban, bagi umat yang sanggup untuk melakukan kurban tetapi tidak menjalankan berdosa baginya.

6. Menjauhkan Zina dan Perbuatan Keji.

Merayakan bulan suci Dzulhijah akan menjauhkan manusia dari perbuatan zina dan keji.Maksiat adalah penyebab terjauhkan dan terusirnya umat manusia dari Allah SWT. Sementara itu, ketaatan merupakan salah satu jalan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

7. Zikir dan Bertasbih.

Zikir/takbir, banyak banyak lah berzikir, ada dzikir mutlak sejak tanggal 1 sampe tanggal 9 dan dzikir. Berdzikir yang lebih diutamakan di hari-hari yang sepuluh ini adalah memperbanyak takbir, tahlil dan tahmid.

8. Sedekah.

Diantara yang menunjukkan keutamaan bersedekah adalah cita-cita seorang yang sudah melihat ajalnya di depan mata, bahwa jika ajalnya ditangguhkan sebentar saja, maka kesempatan itu akan digunakan untuk bersedekah. Terang Ustad Dr. Zulkarnain Umar M. Si. menutup Pengajiannya.

Senada itu, Kasi Penkum Kejati Riau Bambang Heripurwanto menginginkan terkait dengan dilaksanakan pengajian ini diharapkan pegawai Kejaksaan Tinggi Riau dapat selalu mengamalkan dan semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Kegiatan Pengajian Rutin Kejaksaan Tinggi Riau oleh Ustad Dr. Zulkarnain Umar M. Si bertempat di Masjid Al-Mizan Kejaksaan Tinggi Riau mengikuti secara ketat protokol kesehatan (prokes), tutup Bambang (Hendri)