Kajati Riau Akmal Abbas, SH.MH Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Kejaksaan RI ke 79

Kejati Riau55 Dilihat

Pekanbaru – Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati ) Riau Akmal Abbas, SH., MH Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Kejaksaan Ke-79 Tahun 2024.

Upacara yang digelar Senin (2/9/2024) dihalaman Kantor Kejaksaan Tinggi Riau dengan tema “Hari Lahir Kejaksaan sebagai Simbol Terwujudnya Kedaulatan Penuntutan dan Advocat General”. Dibenarkan oleh Kasi Penkum Kejati Riau Zikrullah SH., MH.

Dijelaskan oleh Kasi Penkum Kejati Riau, Upacara diikuti oleh Para Asisten pada Kejaksaan Tinggi Riau, Para Koordinator pada Kejaksaan Tinggi Riau, serta Para Pegawai pada Kejaksaan Tinggi Riau dan Kejaksaan Negeri Pekanbaru.

Dalam amanatnya, Jaksa Agung Republik Indonesia Burhanuddin yang di bacakan oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Riau Akmal Abbas, SH., MH menyampaikan bahwa Kejaksaan kini telah berusia 79 tahun. Meskipun demikian, ini merupakan pertama kalinya upacara Hari Lahir Kejaksaan diselenggarakan, setelah diberlakukannya Keputusan Jaksa Agung Nomor 196 Tahun 2023 tentang Hari Lahir Kejaksaan RI. Sebelumnya, Kejaksaan lebih identik dengan perayaan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) yang diperingati setiap 22 Juli. Namun, untuk meningkatkan kesadaran tentang hari lahir Kejaksaan, setiap tanggal 2 September Kejaksaan akan mengalihkan fokus upacara pada peringatan Hari Lahir Kejaksaan, sementara rangkaian kegiatan HBA akan dilaksanakan dengan kegiatan syukuran.

Sejalan dengan tema Harlah tahun ini, Jaksa Agung menekankan pentingnya semangat jiwa korsa dalam menjalankan tugas. Kejaksaan harus dipahami sebagai satu kesatuan yang tidak terpisahkan (een en ondeelbaar). Keberhasilan Kejaksaan adalah hasil kerja keras kolektif dari seluruh insan Adhyaksa, dan bukan hasil dari upaya individual.

Akhir kata, Jaksa Agung mengucapkan terima kasih atas kontribusi yang telah diberikan oleh seluruh insan Adhyaksa. Teruslah bekerja dengan penuh semangat, menjaga integritas, dan berjuang untuk mewujudkan keadilan di negeri ini, tutup Kasi Penkum Kejati Riau Zikrullah (redaksi)